02 Mei, 2009

MENJADIKAN KEHIDUPAN PENUH MAKNA

Kebanyakan orang mengatakan, bahwasanya kehidupan ini dapat dirasakan akan tetapi sulit didefinisikan. Manakala seseorang berjalan ke kebun, mudahlah ia membedakan mana pohon yang hidup dan mana pohon yang mati. Pepohonan yang nampak dari hari ke hari bertambah tinggi, berdaun hijau, berbunga, lantas berbuah, bisa dipastikan bahwa pohon itu hidup. Sebaliknya pohon yang kering kerontang, daunnya berguguran, batangnya lama kelamaan keropos, mudah ditebak bahwa pohon itu telah mati. Demikian pula yang terjadi pada hewan dan juga pada manusia, yang biasa dikenal dengan istilah kehidupan secara biologis.
Dalam hidup ini manusia dan hewan sama saja, melakukan aktivitas makan, minum, bergerak, berkembang biak, menyayangi anak-anaknya dan berinteraksi satu sama lain. Akan tetapi bedanya, manusia yang menggunakan akal dan hatinya dan tidak memperturutkan hawa nafsunya, serta menjadikan keduanya untuk senantiasa berusaha memahami kebenaran. Sesungguhnya kebenaran itu adalah sesuatu yang datang dari Allah Yang Maha Gagah Lagi maha Bijaksana.
“Kebenaran itu adalah dari Rabb (Tuhan)mu, sebab itu jangan sekali-kali kamu termasuk orang-orang yang ragu-ragu (QS al Baqarah:147).”
“Dan tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia selain untuk beribadah kepadaKu.”(QS adz Dzariyat:56)."
Nah kawan, sekarang menjadi jelas bukan, bahwasanya sebagai manusia kita harus memaknai kehidupan kita sendiri, sebagaimana tertuang di dalam ayat tersebut di atas. Kiranya definisi kehidupan adalah kebenaran dari Tuhan, dan tidak perlu ragu atas kebenaran itu, kemudian kita hidup di dunia adalah dalam rangka beribadah kepada Tuhan (Allah) SWT. Artinya hidup kita menjadi bermakna, ketika kita tunduk dan patuh kepada aturan-aturanNya, setiap saat. Sebagaimana Hadits yang diriwayatkan oleh Turmudzi:
“Bertaqwalah engkau dimanapun engkau berada!” (HR Turmudzi)
Juga perlu diingat kawan, bahwasanya setiap perbuatan akan dimintai pertanggung jawaban kelak di akhirat. (QS ath Thur:21) dan (QS al Mudatstsir:38)
Nah kawan, sekarang apa yang mau ditunggu. Action sekarang juga! Kini saatnya memproklamirkan hidup ini untuk beribadah! hanya dengan langkah begini hidup dan kehidupan kita punya makna. Bila tidak, apa bedanya dengan hidup hewan?
Na’udzu billahi min dzalik!

1 komentar:

aR_eRos mengatakan...

Selamat kepada seluruh pemenang Lomba Desain Web Sekolah, Blog Guru, Siswa SMP SMA Se Pasuruan, semoga penjurian benar-benar berlaku jurdil, jujur dan adil hehehe. Yang belum menang *belum lo ya, bukan tidak menang* jangan putus asa. Teruskan kreatifitas kalian menjelang Lomba Web Blog Tahun 2010 mendatang. Dengan lomba ini semoga terbentuk blogger2 dan desainer2 yang handal dan berkualitas guna menggapai "Pasuruan Go Internasional" Bravo web desainer dan blogger-blogger Pasuruaaann !!!